Mantan Kepala Intelijen Kazakhstan Ditangkap atas Tuduhan Pengkhianatan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Mantan kepala intelijen Kazakhstan telah ditangkap karena dicurigai melakukan pengkhianatan menyusul protes anti-pemerintah berskala nasional.

Penahanan Karim Massimov diumumkan oleh Komite Keamanan Nasional, sebuah badan yang dipimpinnya hingga pemecatannya minggu ini.

Pihak berwenang sekarang tampaknya kembali menguasai kota terbesar Almaty.

Namun Presiden Kassym-Jomart Tokayev mengatakan serangan "teroris" masih terjadi di beberapa tempat.

Dia membuat komentar dalam panggilan telepon dengan mitra Rusia Vladimir Putin, yang mengirim ratusan tentara ke Kazakhstan minggu ini untuk membantu memulihkan ketertiban.

Presiden Tokayev menyalahkan "teroris" yang dilatih asing atas kerusuhan tersebut, tanpa memberikan bukti.

Kehadiran pasukan Rusia telah menimbulkan kritik dari Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, yang mengatakan "satu pelajaran dari sejarah baru-baru ini adalah bahwa begitu orang Rusia berada di rumah Anda, terkadang sangat sulit untuk membuat mereka pergi".

Kementerian luar negeri Rusia menyebut pernyataan Blinken ofensif dan menanggapi dengan kata-kata tajam: "Ketika orang Amerika berada di rumah Anda, akan sulit untuk tetap hidup dan tidak dirampok atau diperkosa".

Protes di Kazakhstan dimulai sebagai tanggapan terhadap kenaikan bahan bakar tetapi tumbuh untuk mencerminkan ketidakpuasan pada pemerintah dan mantan Presiden Nursultan Nazarbayev, yang memimpin negara itu selama tiga dekade dan masih dianggap memiliki pengaruh yang signifikan.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan 26 "penjahat bersenjata" dan 18 petugas keamanan tewas dalam bentrokan tersebut. Lebih dari 4.000 orang telah ditahan, menurut kementerian.

Angka-angka tersebut belum diverifikasi secara independen. Saluran telepon dan layanan internet terputus selama protes membuat gambaran lengkap peristiwa menjadi sulit.

Pihak berwenang Kazakhstan tidak memberikan rincian lain tentang mengapa Massimov ditangkap.

Di atas perannya sebagai kepala badan intelijen, yang tumbuh dari pasukan keamanan negara Soviet KGB, Massimov adalah sekutu dekat Presiden Nazarbayev, dua kali menjabat sebagai perdana menterinya.

Penangkapannya telah memicu desas-desus tentang perebutan kekuasaan di pemerintah Kazakhstan.

Juga minggu ini Presiden Tokayev mencopot Nazarbayev dari perannya sebagai kepala Dewan Keamanan yang berpengaruh, mengangkat dirinya sendiri sebagai pengganti. (bbc/dd)